Berita Utama

PUSKESMAS BATURADEN GELAR BULAN IMUNIASASI ( BIAS ) ANAK SEKOLAH DI SDN KARANGMANGU 2022

Dilihat : 236 Kali, Updated: Jumat, 26 Agustus 2022
PUSKESMAS BATURADEN GELAR BULAN IMUNIASASI ( BIAS ) ANAK SEKOLAH DI SDN KARANGMANGU  2022

Baturaden - Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit. Program imunisasi ini turut diselenggarakan okeh Puskesmas Baturaden. Program imunisasi ini dipimpin oleh Sismiati Andriani selaku perawat Puskemas Baturaden dibantu oleh para guru dari SDN Karangmangu dan mahasiswa KKL Universitas Amikom Purwokerto.

 

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dilaksanakan pada Kamis (25/08/22) di SDN Karangmangu, Baturaden. Kegiatan imunisasi berlangsung dari pukul 08.00 s.d 10.00 WIB.

 

Terkait hal tersebut, Puskesmas Baturaden langsung mendatangi sekolah SDN Karangmangu. Namun pemberian imunisasi ini diberikan kepada siswa-siswi kelas 1A, 1B, dan 5B. Khusus kelas 1A dan 1B pemberian imunisasi campak, DT (Difteri Tetanus), dan cek kesehatan. Sedangkan kelas 5B pemberian imunisasi Campak & Rubella.

 

Imunisasi di SDN Karangmangu oleh Puskesmas Baturaden

Imunisasi campak dan DT sangat penting diberikan karena Difteri Tetanus merupakan penyakit infeksi bakteri yang menyerang selaput lendir pada hidung serta tenggorokan.

 

Mahasiswa KKL Universitas Amikom Purwokerto juga turut membantu dalam pelaksanaan kegiatan imunisasi di SDN Karangmangu dengan memberi semangat pada anak-anak SD kelas 1A,1B, dan 5B agar lebih berani di imunisasi. Mahasiswa KKL Universitas Amikom Purwokerto juga membantu pihak Puskesmas membawakan alat-alat suntik dan obat.

 

Sismiati Andriani selaku petugas Puskesemas yang bertugas di Puskesmas Baturaden sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dalam hal ini peserta didik antusias kegiatan imuniasi ini dalam rangka memperingati Bulan Imunisasi Anak Sekolah.

Komentar