Berita Utama

PELATIHAN MICROSOFT OFFICE IBU-IBU PKK

Dilihat : 4301 Kali, Updated: Kamis, 05 September 2019
PELATIHAN MICROSOFT OFFICE IBU-IBU PKK

 

Baturaden - Desa Karangmangu Kecamatan Baturaden, Selasa, 3 September 2019. Mahasiswa dari UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO mengadakan kegiatan pelatihan Microsoft Office di Balai Desa Karangmangu tepatnya di Aula Desa. Acara yang diadakan selama dua hari tersebut di ikuti oleh perangkat desa dan warga sekitar.

Microsoft Office adalah suatu aplikasi dari perusahaan Microsoft yang bertujuan untuk membantu beberapa kegiatan yang akan dibuat untuk mencapai tujuan tertentu. Adapun aplikasi tersebut untuk mempermudah orang – orang yang memakai Microsoft Office tersebut. (halaman sumber)

Kegiatan pelatihan di hari pertama yaitu pembahasan tentang Microsoft Word, khususnya membahas cara membuat Surat beserta kop nya dengan cara yang baik dan benar. Kemudian di hari kedua pembahasan tentang Microsoft Excel khususnya dasar membuat tabel untuk keperluan membuat daftar absensi acara ibu – ibu PKK. Dari masing – masing aplikasi yang disebutkan memiliki kegunaan tersendiri, diantarannya :

  1. Microsoft Word

Dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah.

  1. Microsoft Excel

Merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi – fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.

Hasil dari pelatihan Microsoft Office yang telah dilaksanakan selama tiga hari, masih banyak kendala dalam menyampaikan materi kepada warga desa Karangmangu yang kurang paham materi tentang Microsoft Office dan kegunaanya. Terdapat faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut diantarannya yaitu :

  1. Masih kurangnya pengetahuan SDM (sumber daya manusia) khususnya di bidang teknologi.
  2. Peserta pelatihan sebagian besar adalah para ibu rumah tangga yang mana pemahaman tentang komputer masih awam.

Dengan diadakan pelatihan ini diharapkan dapat menjadikan masyarakat desa Karangmangu menjadi masyarakat banyumas yang melek teknologi.

(posted by : KKL DARI UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO 2019)

Komentar