Berita Utama

PENINGKATAN KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN ANAK MELALUI PROGRAM POSYANDU DI DESA KARANGMANGU

Dilihat : 1750 Kali, Updated: Kamis, 25 Agustus 2022
PENINGKATAN KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN ANAK MELALUI PROGRAM POSYANDU DI DESA KARANGMANGU

Pemantauan tumbuh kembang anak sangatlah penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan tumbuh kembang dan identifikasi gangguan pertumbuhan sejak dini. Pemantauan ini dilakukan melalui layanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa yaitu Posyandu. Kegiatan Posyandu di Desa Karangmangu dipimpin oleh Ibu Sismiati Andriani, bidan desa di Karangmangu dibantu Ibu-ibu Kader Kesehatan dan mahasiswa KKL dari Universitas Amikom Purwokerto dilaksanakan di aula balai desa Karanmangu, Baturaden (Rabu, 24/08/22).

Kegiatan Posyandu ini dibantu oleh kader kesehatan “Bina Lestari I, I dan III” yang merupakan gabungan dari RT yang ada di wilayah RW 1 Desa Karangmangu dengan total sebanyak 14 orang. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap satu bulan sekali dengan pembagian 3 tahap atau pos pada saat pelaksanaan. Pos pertama untuk pendaftaran, dibagi setiap RT, berisi data diri ibu dan anak. Di pos kedua, merupakan pos timbangan mengukur berat badan, tinggi beda, lingkar lengan dan kepala. Selain itu, melakukan cek motorik anak terkait gerakan tumbuh kembang anak. Untuk pos terakhir merupakan pendataan yang diisi oleh para kader kesehatan terkait data dari anak setelah melakukan serangkaian Posyandu. Nantinya, data akan dimasukkan ke dalam sistem yaitu Sigiziterpadu terkait dengan update tumbuh kembang anak. Selain itu, anak juga diberi vitamin dan obat cacing dari program tersebut.

Penimbangan berat badan pada anak

“Posyandu bertujuan untuk mengetahui tumbuh kembang anak, baik dari berat badan, tinggi badan, dan tumbuh kembang motorik anak”, ucap Ibu Adri selaku bidan desa di Karangmangu.

Kegiatan Posyandu kali ini juga didampingi oleh pihak dinas kesehatan dari Kecamatan Baturaden yang bertujuan untuk memonitoring setiap pelaksanaan Posyandu dan memberikan arahan terkait kendala ataupun pengarahan tambahan untuk pengurus Posyandu.

Mahasiswa KKL Universitas Amikom Purwokerto juga turut membantu dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu dengan mengisi data terkait timbangan anak dan data di buku Kesehatan Ibu dan Anak. Selain itu, mereka juga membantu dalam input data anak ke dalam Sigiziterpadu untuk mengetahui tumbuh kembang anak apakah mengalami perubahan secara signifikan atau terjadi penurunan terkait tumbung kembang mereka.

Mahasiswa KKL Universitas Amikom Purwokerto membantu input data anak

Kegiatan Posyandu di Desa Karangmangu ini selalu diikuti oleh warga setempat secara antusias. Ibu dan anak rajin mengikuti Posyandu untuk mengetahui tumbuh kembang anak secara signifikan untuk kesejahteraan dan kesehatan anak.

Komentar