Berita Utama

Grebeg Sura Baturraden 2019 Sukses digelar

Dilihat : 241 Kali, Updated: Senin, 23 September 2019
Grebeg Sura Baturraden 2019 Sukses digelar

GREBEG SURA BATURRADEN 2019

SUKSES DIGELAR

Grebeg Suran 2019

Karangmangu, 22 September 2019: Ribuan orang menyaksikan Grebeg Suran Baturraden Minggu (22/9) disekitar Lokawisata Baturraden. Kegiatan tahunan yang digelar oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas melibatkan berbagai elemen masyarakat pariwisata termasuk 12 desa penyangga wisata Baturraden; yakni Desa Karangmangu, Ketenger, Kemutug Lor, Kemutug Kidul,Karangsalam, Karangtengah, Rempoah, Kebumen, Pandak, Pamijen, Kutasari dan purwasari.

Peserta diberangkatkan dari Bumi Perkemahan Wanawisata, menempuh jarak kurang lebih 3 km, menuju Lapangan Lokawisata Baturraden. Setiap desa membawa puluhan tenong dan sebagian menyuguhkan berbagai kesenian seperti: Kenthongan, Hadroh, Ebeg dan berbagai kreasi seni lainnya.

Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husaen mengatakan dalam sambutannya “ Bahwa prosesi Grebeg Sura Baturraden merupakan prosesi budaya, sebagai bentuk rasa syukur masyarakat  kepada Tuhan Yang Maha Esa”. Sementara itu tenong yang dibawa oleh semua kontingen peserta grebeg yang berisi takir, masih menurut Bupati Banyumas, mempunyai makna nata ing pikir, yang berarti membuat pikiran menjadi tenteram dan menghilangkan sebel puyeng. Untuk itu dengan kegiatan ini semoga masyarakat Banyumas khususnya Baturraden diberi kesehatan, kesabaran, panjang umur, sejahtera dan bahagia dunia akhirat.

Grebeg suran Baturraden dimaksudkan sebagai sarana ungkapan rasa syukur warga masyarakat pemangku dan penerima manfaat Lokawisata Baturraden. Dan acara karnaval berakhir setelah semua peserta dari 12 desa masuk dan berdevile didepan panggung kehormatan dengan ditandai rebutan gunungan setelah sebelumnya didoakan bersama-sama. (kiss.22919)

Komentar